Hari Kesaktian Pancasila, Dandim 0804/Magetan: Jangan Lupakan Sejarah

Spread the love

LENSAMILITER.ID.–Magetan. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2022 diperingati diseluruh Indonesia, tak terkecuali di wilayah Kabupaten Magetan, Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan di Monumen Soco, Desa Soco, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan. Sabtu (1/10/2022)

Upacara dipimpin langsung Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si., turut dihadiri Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P beserta jajaran Forkopimda Magetan, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan perwakilan dari segenap instansi serta pelajar.

Perlu diketahui bahwa Monumen Soco merupakan saksi bisu kekejaman PKI tahun 1948, dimana Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pejabat Pemerintahan Magetan termasuk Komandan Kodim 0804/Magetan Kapten Iman Hadi dibantai dan dikubur dalam satu lubang sumur di Monumen Soco.

Kata Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P, Sejarah harus tetap diingat sebagai cermin bagi kita semua khususnya generasi muda dalam menapaki kehidupan berbangsa dan bernegara, agar sejarah kelam tidak berulang dimasa mendatang.

Lebih lanjut Dandim berpesan agar melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, dapat dimaknai bersama untuk menjaga keutuhan bangsa ini dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Terlebih bagi generasi muda yang memiliki peran penting dan strategis dalam melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa, maka generasi muda harus benar-benar memahami sejarah bangsa, memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

“Karena itu pentingnya nilai-nilai ini ditanamkan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk menjaga keutuhan bangsa ini yang beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan. Semua dipersatukan dalam satu ideologi Pancasila” tuturnya.

 

( R– MC0804 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *